Selasa, 24 Januari 2012

Program Sahabat Ilmu Jambi


Program
1.      Program Bagi Adik Asuh
a.       Pendampingan: Dilakukan setiap hari Sabtu pada setiap minggunya di dua panti asuhan pada pukul 15.00 WIB-17.00 WIB. Pendampingan bersifat terbuka dan terarah, dengan memberikan motivasi dalam meningkatkan minat membaca dan menulis, diskusi ringan, dan motivasi belajar. Dalam pendampingan ini pula, setiap anak diajarkan pendidikan karakter yang membentuk kepribadian luhur.
b.      Dare to Dream: Dilakukan setiap akhir bulan pada minggu ke-4 dengan menghadirkan anak muda berprestasi yang telah meraih impiannya sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini. Dare to Dream telah dilaksanakan sebanyak dua kali, dan kedepannya akan semakin banyak menghadirkan pembicara inspiratif yang mampu memotivasi adik asuh untuk berani menggapai impian.
c.       Lomba: Dalam berbagai peringatan hari tertentu yang dilaksanakan di Indonesia, SIJ memberikan lomba-lomba untuk memicu adik asuh berani berkompetisi dengan teman sebaya. Perlombaan ini biasanya dilakukan di Panti Asuhan Darul Aitam, dimana semua adik asuh dari dua panti berkumpul disana.
2.      Program Bagi Kakak Asuh/Relawan
a.       Capacity Building: Setiap satu bulan sekali, relawan SIJ diberikan capacity building (pembangunan kapasitas diri) yang sesuai dengan topik terhangat bagi anak muda saat ini. Diharapkan program ini benar-benar membangun kapasitas diri mereka lebih baik, guna menjadi pemuda berkarakter di masa depan.
b.      Gathering: Sesi kumpul bersama (gathering) diberikan setiap satu bulan sekali untuk berdiskusi dan menyampaikan ide/gagasan dalam membangun komunitas SIJ kedepannya. Gathering bersifat santai dan fleksibel.
c.       Volunteer of the Month: Penghargaan bagi relawan yang telah berdedikasi baik selama menjalani amanahnya dalam kurun waktu dua bulan sekali. Penghargaan ini diberikan dalam bentuk sertifikat kepada siapa yang berhak menerimanya.

0 komentar:

Posting Komentar