Sabtu, 10 Maret 2012

Setumpuk Kata Dari Kak VIRDA NADRASARI

Setumpuk Kata Tentang “Sahabat Ilmu Jambi”

guys,ini cerita dr virda nadrasari soal SIJ juga lho :)

sekilas tentang SIJ :

Sahabat Ilmu Jambi merupakan komunitas independen yang bergerak di bidang pendidikan, kepemudaan, dan peningkatan SDM anak2 dan remaja Jambi. Sahabat Ilmu Jambi berupaya meningkatkan minat baca dan tulis di kalangan anak2 kurang beruntung, seperti anak panti asuhan, anak jalanan, dan anak tidak mampu. SIJ terbentuk pada 5 Agustus 2011 lalu, dan saat ini memiliki hampir 20 anggota yang akan bersama2 menyebarkan virus membaca dan menulis. Kami menerima sumbangan buku dan majalah anak2/remaja untuk disumbangkan ke panti asuhan dan anak2 yang memerlukan. Kami percaya dengan membaca dan menulis, pendidikan di Jambi akan berkembang dengan baik. Namun, kami tidak hanya berada dalam ranah tersebut saja, kami juga berupaya meningkatkan skill, kreativitas, kepemudaan, hingga berbagi ilmu dari tentor2 yang secara sukarela datang di roadshow kami. SIJ merupakan komunitas relawan, kami bergerak untuk menebarkan ilmu dan membuka cakrawala. Let’s join us! Twitter: @SahabatIlmuJBI, ^_^
EMAIL
sahabatilmujambi@gmail.com
ini cerita saya :)
awal mula tau tentang komunitas ini dari status teman di Fb, yang dengan semangat dia selalu buat status tentang SIJ, penasaran saya sms dia, awal mula nya gag kenal sama sekali, ntah siapa dulu yang nge_add di fb. kita temanan di Fb udah cukup lama seingat saya sejak desember 2010 sudah berteman di FB, dan Baru Jumpa di dunia nyata tgl 3 Desember 2011 waw… setahun sudah bertegur sapa di Fb tanpa pernah tatap muka, sekali ketemu langsung di dalam sebuah komunitas yang InsYAllah Menebar manfaat :) . ketertarikan saya dengan SIJ ini, semata berdasarkan :
Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)
Dari Ibnu Umar bahwa seorang lelaki mendatangi Nabi saw dan berkata,”Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling diicintai Allah ? dan amal apakah yang paling dicintai Allah swt?” Rasulullah saw menjawab,”Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan. Dan sesungguhnya aku berjalan bersama seorang saudaraku untuk (menuaikan) suatu kebutuhan lebih aku sukai daripada aku beritikaf di masjid ini—yaitu Masjid Madinah—selama satu bulan. Dan barangsiapa yang menghentikan amarahnya maka Allah akan menutupi kekurangannya dan barangsiapa menahan amarahnya padahal dirinya sanggup untuk melakukannya maka Allah akan memenuhi hatinya dengan harapan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya untuk (menunaikan) suatu keperluan sehingga tertunaikan (keperluan) itu maka Allah akan meneguhkan kakinya pada hari tidak bergemingnya kaki-kaki (hari perhitungan).” (HR. Thabrani)
melihat apa yang telah di paparkan si “Bela, (teman yang ngajak bergabung di SIJ) tentang apa yang akan di lakukan oleh Komunitas SIJ ini sangat sejalan dengan Hadist diatas. dan saya Ingin menjadi bagian anggota SIJ. Allhamdulillah 3 desember 2011 hari pertama saya bertatap muka langsung dengan bela khususnya, dan para relawan-relawan SIJ lainnya, bersama mereka inilah akan membawa nama SIJ ke kalangan masyarakat dan sekitarnya. sesuai dengan sLogan nya Menebar Ilmu, Membuka cakrawala. semoga Langkah saya di SIJ ini di berkahi dan di Ridhoi Allah Yang Maha Kuasa.
Sedikit motivasi untuk saya dan kamu yang nge_baca tulisan ini.Seseorang tidak akan tahu kapan akan meninggal karena itu rahasia Tuhan. Kadang-kadang ada orang yang secara lahiriah tampak sehat walafiat, namun tiba-tiba meninggal oleh sesuatu sebab yang tidak bisa diduga. Tetapi ada juga orang yang sudah divonis akan segera meninggal karena mengidap penyakit tertentu yang sulit disembuhkan, namun ternyata bisa berumur panjang.
Kematian memang suatu misteri. Kita bisa kapan saja meninggal tak peduli kita sehat atau sakit. Kadang bencana atau kecelakaan yang menjemputnya. Kadang oleh sebab lain. Jika kita tahu kapan hari kematian tiba, terutama jika itu berumur pendek, mungkin semua orang akan berbuat baik dan mengisi kehidupannya lebih padat dengan kegiatan yang bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang banyak, mau membantu sesama, mau berbagi, sehingga kelak ia bisa dikenang oleh banyak orang.
Namun banyak di antara kita, terutama kaum muda, yang berpikir bahwa sisa hidupnya masih panjang, sehingga merasa belum saatnya untuk mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat. Padahal jika hal itu dilakukan bisa menjadi kebiasaan buruk yang akan terbawa sampai tua.
Dalam hidup ini sesungguhnya harta terbesar kita adalah waktu. Oleh karena itu alangkah baiknya jika sedini mungkin kita bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermakna. Agar hidup lebih bermakna maka kita harus memiliki tujuan hidup yang besar, komitmen terhadap tujuan itu, dan berjuang habis-habisan untuk meraihnya.
Kita hidup bukan hanya sekedar untuk hidup, melainkan untuk terus bergerak, mengerjakan sesuatu, dan mencapai sesuatu. Kita hidup untuk terus melaju pada kecepatan kita masing-masing untuk mencapai hal-hal terhebat yang ingin kita capai. Kita hidup untuk mencapai puncak tertinggi yang mampu kita capai. Kita hidup untuk menjadi berguna bagi diri kita sendiri dan orang lain. Kita hidup untuk memberikan dampak bagi orang-orang disekeliling kita.
Jadi dapat dikatakan bahwa hidup yang telah dianugerahkan kepada kita bukanlah sekedar hidup biasa. Hidup dianugerahkan kepada kita untuk kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Hidup dianugerahkan kepada kita untuk kita isi dengan pencapaian demi pencapaian, prestasi demi prestasi. Hidup bukan untuk sekedar hidup, melainkan untuk mencapai sesuatu atau memenuhi tugas tertentu yang diberikan kepada kita !
Kesan Pertama bertemu dengan adik Asuh di panti Asuhan 10 desember 2011
Baru masuk ke aula nya, biasa saja, kondisi darah masih stabil, senyum masih Lebar, sapa sana sini (sok akrab maksudnya :p ) . menit selanjutnya mulai acara perkenalan, trus ini dia jatah nya saya ngasih Game ke mereka sekedar game pembukaan, tapi baru di awal permainan mereka pada gaduh, hiperaktif, gag nurut, huaaaaaaaaaaaaaaaaa suram, kita udah teriak-teriak kasih instruksi tapi malah sibuk dengan gaya mereeka masing-masing. boleh di bilang awal permulaan acak kadul. setelah di bacakan adik asuh dan kakak asuh, saya pun melirik adik asuh saya. di baca kan ada 2 orang, tapi yang datang 3 orang.  mula-mula ngajak perkenalan dulu, kan gag kenal maka tak sayang ujar saya. yap setelah perkenalan baru tau saya nama meraka lutfi, dino, mario mereka sama-sama kelas 5 SD. usai perkenalan saya membahas apa yang telah mereka dapatkan minggu lalu bersama kakak asuh sebelumnya. ternyata mereka berscerita tentang cita-cita. tak lam waktu saya bersama 3 orang adik ini, karena mereka tertarik ke kelompok lain yang sedang bermain SULAP. hedewww, alhasil semua adik asuh saya hijrah ke kelompok sebelah, ternyata mereka memakai pribahasa ” Rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri” . yaaa saya di kacangin,  ok..ok.. saya pindah juga ke kelompok anak pre-scholl sesuai cita-cita dulu kan pengend jadi Guru TK :) .
setelah beberapa lama saya ikut gabung ke kumpulan adek-adek asuh saya. saya ikut dalam permainan mereka. tapi cuma sebentar, cz pandangan saya tertuju pada anak laki-laki berbaju oren yang duduk di pojokan. yaaap dia salah satu adek asuh saya di saya sebutkan tadi.  saya dekati dia, dan mengajak ngobrol sana-sini. pembicaraan kami tentang keaadan dia di sekolah, dia menceritakan kenapa dia bisa tinggal di panti asuha. trus kenapa dia pindah dari sSD ke Madrasah cz katanya dia pernah betinju dengan guru nya di SD. dan pernah melempar gurunya pakai kursi … haduuuuwwww (dalam hati ne anak pemberani atau nakal?????? masak guru di lempar pakai kursi? ) dengan antusias saya mendengar cerita dia, cz dia di tawarin belajar, gag mau. buat Pr, gag ada. membaca, malas. so, akhirnya dengarin cerita kehidupan dia, dan di tambah ringisan dia karna kakinya sakit efek maen bola. tak lupa pula menanyakan kerajinan dia solat dan hapalan surat-surat pendeknya. dia bilang, cuma rajin solat magrib dan isya saja. sedikit motivasi saya ungkapkan ke dia, berharap motivasi tersebut tidak masuk ke telinga kanan dan keluar di telinga kirinya. tak terasa sudah  jam 17.00 itu tandanya kami para relawan undur diri dari panti asuhan, yaa memang hanya 2 Jam kami mengisi dan berbagi iLmu disini. ternyata 2 jam untuk kegiatan seperti ini sangat singkat. coba 2 jam di lakukan untuk pelajaran kimia atau fisika, pasti berasa lama hahahhahahah :D . di saat semua adek-adek membaca doa penutup belajar, hanya dia (yang baju oren) diam di depan tembok dengan muka menunduk kebawah. saat moment salam-salaman. hanya dia yang tidak. dengan inisiatif sendiri, saya menghampirinya dan berkata “, ”kakak pamit pulang dulu yaa.sabtu depan kito ketemu lagi. apopun cerito mario. kakak siap dengar, trus mario pengend ngarang cerito apaun, belajar apopun kk siap :) . kk dah anggap mario adek sendiri, sebaliknyo mario jugo harus nganggap kakak, sebagai kakak mario . trus dia nangisssss.. huaaaaaaaaaaaaaaa, galaunya hati saya,. apa ada perkataan saya yang salah??? ah entahlah hanya dia yang tawu mengapa dia menagis(tears) (tears) di akhir perjumpaan kami yang pertama ini. semoga sabtu depan dia menyambut saya dengan ramah, dan mau belajar bersama lagi, walaupun tidak untuk membaca, setidaknya dia mau bercerita apa saja dengan saya, mungkin setelah saya bisa masuk kedalam dunianya saya bisa menebarkan virus-virus gemar membaca agar dia mencintai Tuhannya dan Ilmu dari buku-buku yang di baca, sehingga visi misi SIJ ini tercapai saya terapkan dia yang berbaju oren ini.  sepertinya saya harus banyak membaca artikel-artikel tentang psikologis anak, agar cepat bisa memahami kepribadian adik-adik asuh saya . :)

0 komentar:

Posting Komentar